Published On: Tue, Mar 8th, 2016

7 kebiasaan Untuk Bahagia

Habits for HappinessUniversitas Harvard, AS merekomendasikan tujuh kebiasaan yang akan membuat Anda merasa utuh dan bahagia di tahun 2016. Berikut adalah tujuh kebiasaan yang membantu kita hidup dalam kebahagiaan dari hari ke hari sehingga hidup kita menjadi lebih berkualitas!

1. Bersyukur
Perlambat diri, lihat ke sekeliling, perhatikan detail-detail kecil dalam kehidupan –bunga ungu yang lembut di trotoar, indahnya matahari terbenam, mandi air panas yang membersihkan tubuh setelah hari yang panjang, serta senyum di wajah orang tercinta. Ketika kita memiliki hati penuh rasa syukur yang menghargai keindahan, keajaiban dan berkah kehidupan, otomatis kita akan dipenuhi kebahagiaan.

2. Pilih teman dengan bijak
Menurut Harvard, faktor luar terpenting yang memengaruhi kebahagiaan pribadi adalah hubungan dengan sesama manusia. Sehingga jika kita ingin bahagia, pilihlah bersama dengan orang-orang yang optimistis, menghargai apa adanya, dan membuat hidup kita lebih kaya, lebih besar, menyenangkan, dan berarti.

3. Tumbuhkan kasih sayang
Ketika kita berusaha berada di posisi orang lain dan memahami situasi dari sudut pandang orang lain, kita cenderung lebih mampu mengatasi situasi dengan kasih sayang, obyektif, dan tepat. Konflik akan berkurang dan kebahagiaan akan bertambah.

4. Terus belajar
Belajar menjaga agar tetap muda dan mimpi menjaga kita tetap hidup. Ketika kita menggunakan otak kita dan menggunakannya untuk hal-hal yang produktif, kita cenderung tidak terlalu tenggelam ke dalam pikiran-pikiran yang negatif dan lebih mungkin merasa bahagia dan penuh pencapaian.

5. Menjadi bagian dari solusi
Orang-orang yang bahagia adalah pemecah masalah. Ketika mereka menghadapi tantangan dalam hidup, mereka tidak menyalahkan diri sendiri dan jatuh ke dalam kondisi depresi. Sebaliknya, mereka menghadapi tantangan tersebut dan mengarahkan energi mereka untuk mencari solusi yang kreatif. Dengan menjadi pemecah masalah, kita akan membangun kepercayaan diri dan kemampuan guna mencapai apa pun yang kita rencanakan, serta tantangan apa pun yang muncul dalam kehidupan kita.

6. Lakukan apa yang Anda sukai
Karena kita menghabiskan sepertiga kehidupan kita di usia dewasa untuk bekerja, maka mencintai apa yang kita lakukan pasti memiliki dampak yang besar terhadap kebahagiaan kita. Jika untuk saat ini hal ini tidak bisa dilakukan, maka cobalah untuk mencari kesenangan dan arti dalam pekerjaan saat ini, atau kembangkan suatu hobi yang memungkinkan untuk mengerjakan apa yang kita suka.

7. Hidup di masa kini
Ketika kita merasa depresi, kita hidup di masa lalu. Ketika kita merasa khawatir atau cemas, kita hidup di masa depan. Namun ketika kita merasa cukup, bahagia dan damai, kita hidup di masa kini.

Nah demikianlah tujuh kebiasaan kecil yang jika kita lakukan dari waktu ke waktu bisa membuat hidup kita semakin berkualitas! Carpe diem! Seize the day! (www.harvard.edu)

source: http://buddhazine.com/7-habits-of-happiness/

About the Author

error: Sorry, Content is protected !! Contact Admin for Permition